5 Kemampuan Dasar yang Harus Dimiliki oleh Seorang Tukang Bangunan

Saat ingin membangun sebuh rumah, bujet dan tukang bangunan merupakan 2 hal yang saling berkaitan. Apalagi jika sistem borongan berikut mandornya, maka semua kebutuhan material dan pengerjaannya 100% diserahkan pada mereka. Nah, agar hasilnya sesuai yang direncanakan, setidaknya Anda mengetahui kemampuan dasar mereka, yaitu sebagai berikut.

  1. Pengecoran dan Plester

Kemampuan dasar yang harus dimiliki seorang tukang yang ingin membangun sebuah rumah adalah pengecoran dan plester. Tentu saja kemampuan ini harus dimiliki setelah berhasil membuat pondasi dan memasang bata untuk tembok.

Pengecoran sendiri merupakan penuangan beton segar yang merupakan campuran dari semen, pasir dan bahan material lainnya ke elemen tembok. Tujuannya adalah untuk menutupi bahan penyusun dinding atau tembok rumah.

Tembok ini merupakan tumpukan batu bata merah yang disatukan oleh adukan semen, tanah, dan pasir. Kemudian untuk plester, tujuannya adalah menguatkan hasil pengecoran dan membuat tembok lebih rata setelah di-cor.

  1. Pengelasan (Welding)

Setelah pengecoran dan plester, kemampuan dasar lainnya yang harus dimiliki oleh seorang tukang dalam membangun sebuah rumah adalah dengan pengelasan. Arti dari pengelasan sendiri adalah proses penyambungan logam atau non logam. Caranya yaitu dengan melakukan pemanasan (heating) hingga mencapai temperatur las.

Pengelasan atau welding ini bisa dilakukan dengan hanya menggunakan tekanan (pressure), tanpa tekanan, serta dengan atau tanpa menggunakan filler (logam pengisi). Anda pernah melihat rangka besi untuk kanopi, teralis pintu, dan railing? Nah, ketiga komponen ini menerapkan sistem pengelasan saat akan dipasang.

3.Pengecatan

Kemampuan dasar berikutnya yang harus dimiliki oleh tukang bangunan yaitu mengecat bangunan. Saat melihat iklan cat rumah di TV, mengecat rumah memang terlihat mudah dan menyenangkan. Tapi, pekerjaan ini ternyata sangat melelahkan. Meski hanya satu bagian dinding saja yang di-cat, mereka butuh konsentrasi agar hasilnya benar-benar rata.

Selain itu, sebelum dilakuakn pengecatan juga dindingnya atau tembok yang akan di-cat harus benar-benar bersih dan rata. Oleh karena itu, mereka sering membersihkan terlebih dahulu dinding yang telah di-cor dan di-plester untuk menghindari tonjolan-tonjolan tidak merata di bagian dindingnya.

  1. Pembobokan

Kemampuan dasar yang satu ini sebenarnya tidak memerlukan keahlian khusus. Karena, pembobokan hanya dilakukan oleh tukang untuk merobohkan rumah lama Anda yang ingin direnovasi. Material bongkaran ini bisa Anda gunakan lagi sebagai bahan bangunan rumah yang ingin Anda bangun.

  1. Pasang Keramik

Pasang keramik juga sama terlihat sepelenya dengan mengecat rumah. Padahal, pekerjaan ini juga perlu keahlian khusus dan memang harus dikuasai oleh tukang atau pekerja bangunan. Jika tidak, maka keramik yang terpasang menjadi tidak rata. Terkecuali di kamar mandi yang memang perlu sedikit kemiringan agar air mengalir menuju lubang saluran air.

Selain itu, tukang bangunan yang baik dan memiliki kredibilitas tinggi serta berpengalaman juga tidak segan untuk berinteraksi langsung dengan mandor. Begitupula dengan Anda jika sengaja berkunjung untuk melihat perkembangan pembangunan rumah Anda. Karena pengalamannya, mereka akan bermurah hati merekomendasikan bahan material terbaik.

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *