Ungkap alasan pembangunan terpusat di Jakarta

 Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Bambang Brodjonegoro mengatakan kesenjangan di Indonesia masih besar sebab pemerataan belum menunjukkan hasil yang maksimal, di mana aktivitas Indonesia masih berkutat di Pulau Jawa.

“Pulau Jawa hari ini masih berkontribusi 58 persen terhadap ekonomi Indonesia dan ini kurang bagus ya, kurang seimbang,” Kata Menteri Bambang dalam Rapat Koordinasi Penyusunan Pagu Kebutuhan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) Tahun 2019 Kementerian Perhubungan di Ruang Mataram Gedung Karya Kemenhub.

Dia menjelaskan, hal ini merupakan bukti kegagalan program desentralisasi yang dimulai 2001 silam. “Desentralisasi 2001 ternyata proporsi Jawa bukannya tetap atau turun justru malah naik, jadi ide desentralisasi kiat belum sepenuhnya bisa menciptakan pemerataan,” ujarnya.

Selain itu, Menteri Bambang mengatakan salah satu penyebab tidak terjadinya pemerataan adalah infrastruktur konektivitas di wilayah luar Jawa belum memadai. Oleh sebab itu, Menteri Bambang meminta Kementerian Perhubungan untuk memperhatikan aspek konektivitas tersebut.

“Nah karena itulah kita benar-benar harus bisa menyusun perencanaan Tahun 2019 dengan memperhatikan aspek-aspek pembangunan tadi.

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *